Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan UNPRI Gelar Kuliah Umum

Prospek Kerja Lulusan Dokter dan Dokter Gigi

Senin, 01 Juli 2024 11:06:22 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan Universitas Prima Indonesia (FKKGIK UNPRI), kembali menggelar kuliah umum dalam upaya menambah wawasan mahasiswanya. Kuliah Umum kali ini bertajuk ”Prospek Kerja Lulusan Dokter dan Dokter Gigi, yang dilaksanakan secara tatap muka di Hall Kampus Utama Universitas Prima Indonesia, Rabu (19/6/2024).

Mayor Jendral TNI (Purn)., Prof (H.C. UNPRI). Dr.dr. Daniel Tjen Sp.S tampil sebagai narasumber. Prof Daniel Tjen sendiri merupakan seorang Guru Besar Biosekuriti, Dokter Spesialis Neurologi, seorang peneliti dan aktif pada isu-isu kesehatan global. Pengalaman Prof. Daniel Tjen tentu tak perlu diragukan lagi, pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Kesehatan TNI, dan Chairman International Commitee of Military Medicine (ICMM).

Kegiatan kuliah umum kali ini dipandu oleh drg. Bella Fernanda, M.I.Kom., M.K.G selaku moderator. Kuliah umum tersebut dihadiri oleh 600 mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran dan Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi UNPRI.

Pada kuliah umum tersebut, Prof. Daniel Tjen menyampaikan bahwa menjadi dokter militer adalah salah satu prospek kerja yang baik dan menarik bagi lulusan dokter. Hal ini disebabkan karena dokter militer menggabungkan dua sisi profesi, yaitu profesi dengan tanggung jawab yang besar dan juga profesi yang mulia.

Menurut Prof. Daniel Tjen, rasio ideal dokter militer menurut NATO adalah 8-10 dokter per 1000 personel. Dengan jumlah personel TNI sekitar 400.000 orang, maka dibutuhkan setidaknya 3.200-4.000 dokter militer untuk memenuhi standar tersebut. Dengan mencermati angka-angka tersebut, berarti Indonesia masih kekurangan dokter sebanyak 700-1.500 sebagai dokter militer.

Lebih lanjut Prof. Daniel Tjen menjelaskan, bahwa untuk menjadi dokter militer dapat melalui beberapa jalur, yaitu melalui seleksi khusus Perwira Prajurit Karir (PaPK) bagi lulusan dokter atau masyarakat sipil, ataupun mengikuti perkuliahan di Fakultas Kedokteran di bawah Kementerian Pertahanan RI.

Prof.Daniel Tjen menekankan, bahwa mahasiswa-mahasiswi FKKGIK UNPRI patut bersyukur, karena kelak akan menjadi dokter lulusan dari Program Studi dan Universitas dengan akreditasi Unggul, yang akan menjadi modal besar dalam pengembangan karir di masa depan, salah satunya dalam mengikuti seleksi PaPK sebagai dokter militer.

Universitas Prima Indonesia berkomitmen untuk rutin dan konsisten dalam melaksanakan kuliah umum, sebagai sarana pemberi informasi dan update ilmu dan informasi kepada institusi tenaga medis, masyarakat dan terutama mahasiswa-mahasiswi calon lulusan.

Melalui kegiatan kuliah umum tersebut, diharapkan mampu meningkatkan minat calon lulusan Dokter dan Dokter Gigi UNPRI untuk menjadi bagian Dokter Militer, dimana saat ini sudah ada puluhan dokter militer maupun Kepolisian dari lulusan UNPRI. Pada kesempatan tersebut ditampilkan juga video testimoni dari alumni FKKGIK UNPRI, yang berkarir sebagai Dokter Militer, sebagai motivasi bagi mahasiswa-mahasiswi fakultas kedokteran yang sedang kuliah saat ini.

Pada bagian akhir kuliah umum tersebut, Prof. Daniel Tjen menyampaikan kebanggaannya terhadap UNPRI, dikarenakan UNPRI sudah memiliki Akreditasi Unggul, yang akan membantu pengembangan karir lulusan, dan selalu memberikan informasi-informasi update pengetahuan secara rutin. “Saya berharap di masa depan akan menemukan alumni FKKGIK UNPRI menjadi unsur pimpinan di dunia Kedokteran Militer”,pungkasnya.


Berita Seputar FKKGIK:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: