Kolaborasi dengan Stakeholders

FE UNPRI Gelar Sosialisasi Safety Campaign

Senin, 01 Juli 2024 11:24:02 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Melalui kolaborasi yang solid antara Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE UNPRI), Dishub Sumatera Utara, Ditlantas Polda Sumatera Utara, Jasa Raharja, PT. Grab Medan, dan PT. Indako, acara Sosialisasi Kampanye Keselamatan dilangsungkan di Hall Utama Kampus UNPRI, Jalan Sampul No 3, Medan, pada hari Jumat (28/6/2024). Acara ini dihadiri oleh sekitar 1500 peserta, termasuk dekan, ketua program studi, dosen, dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Psikologi, Sains Teknologi, Agro Teknologi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Keperawatan dan Kebidanan.

Wakil Rektor 1 Universitas Prima Indonesia Abdi Darma., S. Kom., M.Kom, dalam sambutan nya menyampaikan pentingnya dilakukan sosialisasi keselamatan berkendara. ”Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang Undang-Undang Lalulintas, sehingga ke depan kita akan lebih paham rambu-rambu lalulintas juga, kita akan semakin tertib berkendara di jalan, bisa mengurangi tingkat kecelakaan, serta bisa menjadi contoh bagi pengendara yang lain”,ujarnya.

Sementara itu, Menson Septo Putranta, S.E selaku Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, dalam paparannya menjelaskan tentang peran Dinas Perhubungan Sumatera Utara dalam upaya peningkatan keselamatan lalu lintas jalan, dan bagaimana sosialisasi kepatuhan berlalu lintas, komitmen keselamatan dalam berkendara.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT. Indako Trading Coy menyampaikan beberapa faktor penyebab kecelakaan, yaitu pengendara, kendaraan (motor, mobil, bus dan lain lain), kondisi jalan, dan lingkungan. “Sebanyak 90% kecelakaan disebabkan oleh pengendara. Mengatasi kecelakaan bisa dimulai dengan memahami rambu-rambu lalulintas, kemudian gunakan cara 4T, yaitu Tunggu Sejenak, Tengok Kiri, Tengok Kanan, Tengok Kiri Kanan”,ujar Sofiyan.

Sofiyan juga menyampaikan perlengkapan yang digunakan saat berkendara, yaitu berupa helm, pakaian, sarung tangan, dan sepatu. Helm yang disarankan full face dan all face. Namun, helm full face dan all face mempunyai kelebihan dan kekurangan. “Helm full face melindungi seluruh bagian kepala tetapi jarak pandang tidak luas, sedangkan helm all face tidak melindungi seluruh bagian kepala tetapi memiliki jarak pandang yang luas”, tuturnya.

Ricky Adi Utama., S.IP., CRMO, Kepala Sub Bagian Pelayanan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera menjelaskan hak dan kewajiban pengendara, mekanisme mengurus klaim Jasa Raharja kalau terjadi kecelakaan, serta pentingnya disiplin membayar pajak kendaraan bermotor.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 UNPRI, Abdi Darma, S. Kom., M.Kom, Dekan Fakultas Ekonomi, Prof. Dr. Drs. Syaifuddin, M.MA, Wakil Dekan I, Bayu Wulandari, S.E., M.Si, Wakil Dekan II, Dr. Elly Romy, S.E., B.A., MTCSOL, dan Wakil Dekan III, Dr. Fenny Krisna Marpaung, S.E., M.M. Turut hadir Menson Septo Putranta, S.E., Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Kompol S.L. Widodo, S.E., M.H., Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Sumatera Utara, Ricky Adi Utama, S.IP., CRMO, Kepala Sub Bagian Pelayanan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Lutfiqal Basyara, Asisten Manager Fraud & Quality Control PT. Grab Indonesia Medan, serta Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT. Indako Trading Coy.




Berita Seputar Fakultas Ekonomi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: