UNPRI Gelar Kuliah Tamu Bersama Universitas Islam Indonesia

Tentang Pengembangan Kefarmasian & Kesehatan Berbasis Sains Data

Rabu, 17 Juli 2024 09:21:23 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Universitas Prima Indonesia (UNPRI) melaksanakan kuliah tamu bersama Universitas Islam Indonesia dengan topik “Pengembangan Kefarmasian & Kesehatan Berbasis Sains Data”, bertempat di Main Hall UNPRI, Selasa (2/7/2024).

Kuliah tamu tersebut menghadirkan Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si., apt. Saepudin, M.Sc., Ph.D dan Dr. apt. Asih Triastuti, M.Pharm, dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i Program Studi Farmasi Klinis, para Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan Universitas Prima Indonesia, dosen-dosen di Lingkungan Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan Universitas Prima Indonesia, serta para dekan di lingkungan Universitas Prima Indonesia. Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si menyampaikan materi tentang pentingnya data, terutama data berskala besar (Big Data) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berguna dan membantu dalam pengambilan keputusan (decision making), di berbagai bidang di dunia nyata, dimana terdapat enam karakteristik big data yaitu: value, volume, velocity, variety, veracity, variability.

Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si memberi pesan, bahwa penguasaan sains data menjadi kunci dalam manajemen kesehatan dan pengambilan kebijakan dalam bidang kesehatan, serta farmasis sebagai tenaga kesehatan hendaknya meningkatkan kompetensi dalma bidang big data/sains data. Materi tersebut sangat penting bagi mahasiswa/i Program Studi Farmasi Klinis, untuk lebih memperdalam ilmu tentang farmasi dan kesehatan berbasis sains data. Materi yang dipaparkan oleh narasumber sangat menarik, terbukti dari antusiasnya mahasiswa Program Studi Farmasi Klinis mengikuti kegiatan kuliah tamu tersebut. Usai pemaparan materi kuliah tamu, dilanjutkan dengan materi promosi dari Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia untuk Program Magister Universitas Islam Indonesia, yang disampaikan oleh Dr. apt. Asih Triastuti, M.Pharm.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia, diwakili oleh Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si kepada Farmasi Klinis Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan Universitas Prima Indonesia. Farmasi Klinis Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan Universitas Prima Indonesia juga memberikan cendramata ke Farmasi Universitas Islam Indonesia yang diwakili oleh Dr. dr. Linda Chiuman, M.K.M.

Pada kegiatan kuliah tamu tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia yang diwakili oleh Prof. Dr. apt. Yandi Syukri, M.Si, dengan Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan Universitas Prima Indonesia yang diwakili oleh Dr. dr. Linda Chiuman, M.K.M.


Berita Seputar FKKGIK:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: