FKK UNPRI Gelar Kuliah Umum

Optimalisasi Peran Perawat Unggul dan Praktik Berbasis Bukti dalam Keperawatan Paliatif”

Rabu, 24 Juli 2024 19:03:53 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Prima Indonesia (FKK UNPRI), menyelenggarakan Kuliah Umum dengan topik “Optimalisasi Peran Perawat yang Unggul dan Berdaya Saing dalam Perawatan Paliatif di Komunitas” dan ”Praktik Berbasis Bukti dalam Keperawatan Paliatif”. Kegiatan tersebut dipandu oleh Robin Ferdiansyah Sitopu, S.Kep., Ners, M.Kep selaku moderator. Kegiatan yang dihadiri oleh 690 mahasiswa keperawatan tersebut dilaksanakan secara tatap muka di Hall Kampus Utama Universitas Prima Indonesia, Kamis (18/7/2024).

Narasumber pertama, Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N, Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Ketua Umum Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), Presiden Sigma Theta Tau Indonesia, dan Ketua Forum Dekan Perguruan Tinggi Keperawatan.

Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N menyampaikan materi dengan topik “Optimalisasi Peran Perawat yang Unggul dan Berdaya Saing dalam Perawatan Paliatif di Komunitas”. Materi yang disampaikan mencakup empat hal, meliputi Indonesia dalam konteks; megatrends, populasi lansia, dan implikasinya, perawatan paliatif di komunitas, dan peran perawat yang unggul dan berdaya saing.

Secara garis besar, Agus menerangkan bahwa untuk mewujudkan perawat yang unggul dan berdaya saing dalam bidang perawatan paliatif, seorang perawat seyogianya mampu berpikir kritis dan menyelesaikan masalah kompleks perawatan di layanan kesehatan, mampu bertransformasi dan beradaptasi dengan digitalisasi, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan jejaring yang berpengaruh, meningkatkan literasi digital, berpikir kreatif dan imajinatif, dan menguasai keterampilan kepemimpinan dan tentunya pengembangan diri.

Kemudian FKK UNPRI menghadirkan narasumber kedua, yaitu Dr. Dudut Tanjung, S.Kp., M.Kep., Sp. KMB, Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara (FKep USU), Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional II Wilayah Sumatera Utara, Pengurus AIPNI Pusat Bidang Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal Lembaga Pendidikan Tinggi Sub Bidang Penjaminan Mutu dan Program Pascasarjana dan Spesialis, Instruktur Klinik di Bangsal Ortopedi di RSUP H. Adam Malik Medan, dan Instruktur Keperawatan Gawat Darurat & BTCLS Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia.

Dr. Dudut Tanjung, S.Kp., M.Kep., Sp. KMB menyampaikan materi dengan topik “Praktik Berbasis Bukti dalam Keperawatan Paliatif”. Materi yang disampaikan mencakup definisi palliatice care, manfaat utama perawatan paliatif menurut WHO, prinsip perawatan paliatif fokus pada kualitas, mengapa praktik berbasis bukti penting, studi kasus, contoh praktik berbasis bukti yang diaktualkan melalui artikel ilmiah yang terpublikasi di jurnal internasional. Sebagai penutup, Dudut Tanjung menerangkan, bahwa seorang perawat paliatif harus menumbuhkan budaya literasi terhadap evidenced-based practice yang diwujudkan melalui bukti ilmiah. Hal ini diperlukan untuk membuat keputusan klinis keperawatan yang lebih baik.

Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Prima Indonesia, Dr. Tiarnida Nababan, SST, S.Kep., Ners, M.Kep menjelaskan, bahwa UNPRI berkomitmen untuk rutin dan konsisten dalam melaksanakan Kuliah Umum, sebagai sarana pemberi informasi dan update ilmu dan informasi kepada mahasiswa di lingkungan Universitas Prima Indonesia Medan.




Berita Seputar FKK:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: