UNPRI Motivasi Mahasiswa Baru Agar Berprestasi

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNPRI 2022/2023

Kamis, 20 Oktober 2022 14:51:15 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) bertujuan agar mahasiswa memahami bahwa esensi dari sebuah perjalanan akademis tidaklah sebatas meraih gelar akademik, tetapi tercapainya kompetensi akademik yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, keterampilan, sikap serta karakter dan kepribadian.

Hal ini disampaikan Rektor UNPRI, Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting M.Kes pada acara PKKMB di Kampus Jalan Sampul Medan pada hari Sabtu, 17 September 2022.

Acara PKKMB ini dihadiri oleh Founder UNPRI Prof. Dr. I Nyoman E.Lister MKes AIFM, Ketua BPH Dr. Tommy Leonard, SH.,M.Kn, WR I Abdi Dharma MKom, WR II Prof. Dr. Ermi Girsang MKes, WR III Said Rizal, M.A, WR IV Dr. dr. Ali Napiah Nasution MKT, Wakil Ketua Hukum dan Advokasi APTISI I Sumut Prof Dr Tarmizi SH MHum, seluruh dekan dan wakil dekan di jajaran UNPRI.

Melalui pemapararannya, Rektor UNPRI berpendapat bahwa kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemdikbudristek menekankan pentingnya ‘perluasan kebebasan’ bagi mahasiswa selama menempuh proses pembelajaran di kampus. Perluasan kebebasan ini mencakup perluasan pembelajaran dengan cara mengambil sejumlah mata kuliah di luar bidang studi utama dan perluasaan interaksi dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus.

“Adanya perluasan kebebasan tersebut diharapkan kompetensi akademik yang dicapai di kampus akan semakin relevan dengan permasalahan dan tantangan di dunia nyata. Dengan demikian, ketika telah menyelesaikan studi kelak, adik-adik akan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi di berbagai bidang pekerjaan yang menjadi pilihan,” jelas Chrismis.

Tidak hanya dalam sektor akademis, tetapi UNPRI turut memiliki fasilitas untuk mengembangkan kreativitas para mahasiswa melalui program UNPRI Creative. UNPRI telah menghasilkan beberapa karya mahasiswa yang patut dibanggakan baik dalam ranah nasional maupun internasional.

Berbagai program dan prestasi yang telah dicapai mahasiswa UNPRI antara lain : Hibah Transfer Kredit Internasional ke Archarya Institute India yang diperoleh 5 mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi. Dalam Program Kampus Mengajar, 79 Mahasiswa dan 38 orang Dosen terpilih untuk ikut serta. Program ini dibagi dalam beberapa tahapan, dalam Kampus Mengajar 1 ada 45 Mahasiswa dan 44 Dosen yang terpilih untuk ikut serta, Kampus Mengajar 2 berjumlah 94 mahasiswa dan Program Kampus Mengajar 3 diikuti oleh 17 Dosen terpilih.

Terdapat 49 Mahasiswa yang terlibat dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat termasuk di dalamnya Program Sekolah Ekspor. UNPRI Terpilih sebagai pelaksana 7 Course dalam Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia dengan peserta terbanyak untuk LLDIKTI wilayah 1 sebanyak 1120 peserta.

Selanjutnya, 12 Orang mahasiswa mengikuti program Magang Mahasiswa Bersertifikat (Eksternal) dari Forum Human Capital Indonesia dan 8 orang mahasiswa terpilih mendapatkan Beasiswa Mendikbudristek “Merdeka Belajar Untuk Semua” melalui Perguruan Tinggi Mitra Indonesia Cyber Education (ICE) Institute tahap 1 tahun 2021. Pada tahap 2 sebanyak 92 orang mahasiswa menerima beasiswa dan juga 30 orang Dosen. 1 Mahasiswa dari Program Studi sarjana pendidikan Bahasa Inggris terpilih sebagai penerima Awardee IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) tahun 2022 untuk belajar di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Sementara di tempat terpisah Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Selasa (20/9/2022) menghimbau peran serta mahasiswa untuk secara aktif memanfaatkan dan mengikuti kegiatan kemahasiswaan dengan baik di kampus ini. “Kita harapkan bahwa orientasi prestasi mahasiswa semakin berkembang pesat,” ujar Tommy.

Tommy menambahkan bahwa UNPRI terus melakukan proses pembelajaran secara utuh yang didukung oleh kegiatan ko-kurikuler yang terstruktur dan terencana. Kerjasama yang baik dengan unit-unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan lainnya akan menghasilkan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan dan kemandirian mahasiswa.

sumberberita:waspada.id


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: