FE UNPRI Gelar Seminar

“Kompetensi SDM untuk Indonesia Unggul”

Selasa, 09 Juli 2024 11:26:37 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE UNPRI) menyelenggarakan seminar dengan tema “Kompetensi SDM untuk Indonesia Unggul”, bertempat di Main Hall Kampus Universitas Prima Indonesia yang beralamat di Jalan Sampul No 3 Medan, Sabtu (29/6/2024).

Dalam seminar tersebut, FE UNPRI menghadirkan narasumber Dr. Janry Haposan U.T. Simanungkalit S.Si.,M.Si (Kepala Kantor Regional VI BKN). Adapun kegiatan seminar dihadiri kurang lebih 1500 orang peserta, terdiri dari mahasiswa/i, dekan, ketua program studi serta dosen tetap Universitas Prima Indonesia lainnya.

Dalam pemaparan materinya, Dr. Janry Haposan U,T. Simanungkalit menekankan pentingnya peningkatan kompetensi secara berkala, sehingga kebutuhan kompetensi di masa yang akan datang dapat terpenuhi. “Generasi muda sekarang ini memang perlu memiliki keahlian yang adaptif dan kompeten, agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang serba digital dan modern. Selain pelatihan, dukungan dalam bentuk sertifikasi kompetensi sangat dibutuhkan. Sertifikasi kompetensi ini bertujuan untuk memberikan pengakuan resmi atas keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh tenaga kerja”,jelasnya.

Menurutnya, upaya peningkatan kompetensi oleh pemerintah merupakan bagian integral dari pembangunan SDM yang berkelanjutan. Dengan terus mengembangkan program-program yang inovatif dan relevan, pemerintah berperan penting dalam menciptakan tenaga kerja yang unggul dan siap bersaing di kancah global. Dr.Janry menambahkan, dunia kerja saat ini semakin kompetitif dan global. Pekerjaan tidak hanya terbatas pada lingkup nasional, melainkan juga internasional. “Saat ini, banyak perusahaan mencari karyawan yang memiliki kompetensi global, yaitu kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan multikultural, menguasai bahasa asing, dan mampu bekerja sama dengan orang dari berbagai Negara. Oleh karena itu, persiapan menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global menjadi sangat penting”,tegasnya.

Wakil Rektor 1 Universitas Prima Indonesia, Abdi Darma., S. Kom., M.Kom, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan kompetensi. “Dalam memenuhi kebutuhan kompetensi mahasiswa/i, Universitas Prima Indonesia telah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang bekerja sama dengan BNSP”,tegasnya.

Seminar bertopik kompetensi tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Abdi Darma., S. Kom., M.Kom, Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Drs. Syaifuddin., M.MA, Wakil Dekan I Bayu Wulandari., S.E., M.Si, Wakil Dekan II Dr. Elly Romy, S.E., B.A., MTCSOL. Wakil Dekan III Dr Fenny Krisna Marpaung., S.E., M.M, sejumlah dosen lainnya dan mahasiswa.




Berita Seputar Fakultas Ekonomi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: