Kolaborasi PKM UNPRI-UMA

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Di MTs. Al-Hijrah NU Medan

Minggu, 08 Oktober 2023 11:38:12 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Tim Pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Prima Indonesia dan Universitas Medan Area (PKM UNPRI-UMA) telah mengembangkan sebuah aplikasi inovatif yang bertujuan untuk membantu guru dalam memanfaatkan literasi digital dan memberikan pelatihan dalam pemanfaatan media tersebut dalam proses pembelajaran.

“Aplikasi tersebut memudahkan guru mentransfer ilmu pengetahuan yang dimilikinya dalam bentuk teks maupun video pembelajaran yang dapat diakses siswa kapan dan dimanapun melalui perangkat smartphone. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan latihan online yang membantu guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran dan menampilkan penilaian secara langsung hasil yang diperoleh siswa. Aplikasi ini diharapkan akan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik bagi siswa di sekolah tersebut,” Amir Saleh, S.Pd., M.Kom, selaku ketua Tim PKM dan ketua pelaksana di Medan, Sabtu (7/10).

PKM ini dilaksanakan di MTs. Al-Hijrah NU Medan Jalan Pukat I No. 37 Bantan Timur, Medan, Rabu (27/9) lalu. Anggota Tim PKM yakni Fadhillah Azmi, S.Pd., M.Kom, dan Achmad Ridwan, S.T., M.Si., dibantu oleh tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika-UNPRI. “Kegiatan ini diselenggarakan berkat bantuan dan kerjasama dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dalam Skema Hibah Pemberdayaan Berbasis Masyarakat tahun pendanaan 2023,” ungkap Amir Saleh.

Beberapa target yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut, seperti peningkatan Keterampilan Guru dalam Literasi Digital, dengan targetnya terdapat peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan literasi digital dalam pembelajaran sebesar 80%.

Target lain adalah publikasi kegiatan PKM, dimana hasil dari program ini akan dipublikasikan melalui video kegiatan di YouTube, media massa online, serta pada jurnal pengabdian terakreditasi SINTA 4. “Melalui upaya bersama ini, diharapkan MTs. Al-Hijrah NU Medan akan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, memberikan guru wadah yang lebih baik dalam proses mengajar, serta memberikan siswa pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dalam era digital seperti saat ini. Dengan demikian, generasi muda akan lebih siap untuk menghadapi tantangan masa depan dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik,” katanya.

Dikatakan, pendidikan merupakan hal penting dan utama untuk perkembangan setiap generasi muda. Pada era digital yang terus berkembang, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan imu pengetahuan, tetapi juga dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi. MTs. Al-Hijrah NU Medan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dimana penggunaan tenologi menjadi fokus utama. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan siswa yang cenderung bosan dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Menurutnya Tim Pengusul PKM telah mengidentifikasi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh sekolah tersebut. Beberapa permasalahan tersebut, yaitu aplikasi pembelajaran digital yang belum diterapkan dengan maksimal, dimana pembelajaran di sekolah belum sepenuhnya memanfaatkan aplikasi literasi digital secara maksimal.

“Guru dan siswa masih perlu mengembangkan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Permasalahan lainnya seperti siswa cenderung lebih tertarik bermain media sosial daripada membaca materi yang diberikan oleh guru atau materi yang terkait dengan pelajaran,” katanya.

berita disadur dari waspada.id


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: