Youth Creativepreneur 2023

Menggali Potensi Wirausaha Muda di UNPRI

Minggu, 03 Desember 2023 11:05:34 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE UNPRI) menggelar festival Kewirausahaan di Kampus UNPRI, Jalan Sampul 3 Medan Petisah yang berlangsung dua hari, Sabtu (3/12/2023). dan Minggu (4/12/2023). Dalam Festival Kewirausahaan puluhan enterpreneur muda yakni pelajar dan mahasiswa turut mengisi bazar dari 70 tenant yang disediakan. Festival Kewirausahaan UNPRI periode IX ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kadis Koperasi UKM dan Perindag, Benny Iskandar Nasution. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Founder UNPRIi, Prof Dr I Nyoman Ehrich Lister, Rektor Unpri, Prof Chrismis Novalinda Ginting, Wakil Ketua Dekranasda Kota Medan, Ismiralda Wiriya Alrahman serta para mahasiswa dan mahasiswi Unpri.

Dalam sambutan seremonial pembukaan di Main Hall Kampus, Rektor UNPRI, Prof. Chrismis Novalinda Ginting, menjelaskan bahwa Youth Creativepreneur merupakan kelanjutan dari Festival Kewirausahaan UNPRI yang telah berlangsung sejak tahun 2012.Prof. Chrismis mengungkapkan bahwa Youth Creativepreneur memiliki tujuan utama, yaitu menggali potensi wirausaha muda dari mahasiswa dan pelajar SMA. "Kegiatan selama dua hari ini memberikan motivasi bagi pelajar/mahasiswa untuk berani berwirausaha dan menjadi seorang entrepreneur muda yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya," ujar Prof. Chrismis. Menurutnya, inisiatif ini adalah langkah konkrit dalam mendukung perkembangan wirausaha di kalangan generasi muda, menciptakan ruang inspirasi dan keterampilan yang diperlukan untuk merintis bisnis.

Tak hanya sekadar bisnis, Prof. Chrismis juga menyoroti visi sociotechnopreneurship UNPRI yang menjadi pilar dalam setiap kegiatan kewirausahaan. Visi ini menggambarkan semangat UNPRI dalam menghasilkan wirausaha muda yang tidak hanya berfokus pada aspek bisnis semata, tetapi juga peduli terhadap dampak sosial dan lingkungan. Dengan demikian, para peserta Youth Creativepreneur diharapkan dapat membangun bisnis mereka dengan memperhatikan aspek keberlanjutan, tanggung jawab sosial, dan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Ketua Dekranasda Kota Medan, Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, menghadiri pembukaan Festival Kewirausahaan periode IX yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE Unpri) di Kampus Unpri, Jalan Sampul, Medan Petisah. Acara yang dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, diwakili oleh Kadis Koperasi UKM dan Perindag, Benny Iskandar Nasution, menarik perhatian puluhan enterpreneur muda, terutama pelajar dan mahasiswa, yang turut mengisi bazar dengan 70 tenant yang disediakan.

Dalam sambutannya, Benny Iskandar menyatakan dukungan Pemko Medan terhadap Festival Kewirausahaan Unpri, menggambarkannya sebagai upaya membangkitkan semangat generasi muda di Kota Medan untuk menjadi pengusaha. "Festival Kewirausahaan Unpri periode IX ini diharapkan akan melahirkan entrepreneur muda dengan inovasi terbaiknya untuk perkembangan wirausaha, terutama di Kota Medan," ujar Benny Iskandar.

Menurutnya, peluang usaha terbuka lebar bagi generasi muda, dan para pelajar serta mahasiswa dihimbau untuk tidak hanya terfokus pada menjadi pegawai negeri sipil atau bekerja di perusahaan swasta. "Coba dan terus berusaha untuk menjadi bos atas memiliki usaha sendiri," kata Benny Iskandar, menekankan peran entrepreneur muda dalam membentuk masa depan ekonomi Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Koperasi UKM dan Perindag juga menjelaskan berbagai langkah yang telah diambil oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam mendukung pelaku usaha, terutama UMKM. Pemberdayaan UMKM, kata Benny Iskandar, termasuk dalam program prioritas Pemko Medan. Inovasi di bidang perekonomian, seperti pembinaan UMKM untuk ekspor ke berbagai negara, telah dilakukan.

"Bahkan tahun ini kita sudah melakukan ekspor di 7 negara termasuk wastra atau kain ulos yang ditenun oleh pelaku UMKM di Medan. Kain Wastra ini sudah dikirim ke negara Jerman, Jamaika, bahkan ke negara Spanyol," ungkap Benny Iskandar. Seleksi produk unggulan yang layak ekspor dan FGD antar pelaku usaha juga menjadi langkah nyata dalam memajukan sektor UMKM di Medan.

Di kesempatan tersebut, Kahiyang Ayu didampingi Kadis Koperasi UKM Perindag dan Wakil Ketua Dekranasda Kota Medan Ismiralda Wiriya Alrahman menyaksikan penandatanganan MoU tentang kewirausahaan oleh Rektor Unpri Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes dengan perwakilan mitra yakni Bank Mandiri, Perum Bulog, PT Japfa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh.

Selanjutnya Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu Bobby Nasution didampingi Rektor Unpri melakukan pengguntingan pita sebagai dibukanya bazar UMKM dalam kegiatan Festival Kewirausahaan Unpri periode IX. Acara yang digelar selama dua hari ini sukses mendatangkan tidak kurang dari 2000 mahasiswa dan masyarakat umum.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: