Kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Penandatanganan Nota Kesepahaman MoU antara Universitas Prima Indonesia dan Universitas Tadulako

Rabu, 06 Desember 2023 14:11:30 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Pada Senin, 4 Desember 2023, Kampus Utama UNPRI, Jalan Sampul No 3, Kota Medan, menjadi saksi pertemuan antara Universitas Tadulako dan Universitas Prima Indonesia. Kunjungan ini terkait dengan dikusi pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 3 Tahun 2023 dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) guna mengokohkan kerja sama antara kedua institusi.

Pertemuan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UNPRI Abdi Dharma, S. Kom., M. Kom dan Wakil Rektor III Dr. Said Rizal, S.H.I., M.A dari UNPRI. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I menyampaikan kegembiraannya atas partisipasi mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka di UNPRI. UNPRI merupakan universitas yang berkembang pesat dengan 44 program studi di Medan dan 4 program studi Program Studi di Luar Kampus Utama/ PSDKU. UNPRI mempunyai fokus utama pada Fakultas Kedokteran dan dua program spesialis, Keluarga Layanan Primer dan Radiologi. Terkait program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, UNPRI telah tiga kali menyelenggarakan baik secara inbound maupun outbound.

Sedangkan jajaran Rektorat Universitas Tadulako yang menghadiri acara adalah Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT. (Rektor Universitas Tadulako), Prof. Dr. Djayani Nurdin, SE., M.Si. (Ketua Senat Universitas Tadulako), Prof. Drs. Anang Wahid M. Diah, M.Si., Ph.D. (Kepala Pusat MBKM Universitas Tadulako), Muhammad Iqbal, ST, MT (Sekretaris Senat Universitas Tadulako), dan Asriani, S.Pd., M.Pd (Sekretaris Rektor Universitas Tadulako).

Dalam sambutannya Rektor Tadulako menyatakan bahwa dalam era digitalisasi, pengembangan institusi tidak terlepas dari kemitraan dan kerjasama. Ia menekankan bahwa tidak ada persaingan, tetapi kolaborasi, dan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu upaya untuk menjalin kerjasama, khususnya dalam memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa. UNTAD yakin bahwa kolaborasi dengan UNPRI, sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang berdaya saing tinggi, akan mencakup berbagai aspek terkait Tridharma Perguruan Tinggi.

Melalui pertemuan ini, turut menyertakan testimosi dari dua mahasiswa UNTAD yang berkuliah selama satu semester di UNPRI. Meskipun awalnya merasa takut dengan kondisi di Medan yang dianggap keras dan memiliki tingkat kriminalitas tinggi, namun keduanya kini merasa nyaman. Mereka berbagi pengalaman bertemu dengan teman lintas etnis dan lintas pulau. Selain itu, mereka juga mendapatkan program studi yang sesuai dengan minat mereka serta mendapatkan pengakuan dan rekognisi sesuai standar Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM).




Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: