Jajaki Peluang Kerja Sama Riset

Universitas Prima Indonesia Kunjungi Laboratorium Genomik BRIN

Senin, 24 Juli 2023 08:52:16 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Laboratorium Genomik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menerima kunjungan dari Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan yang diwakili oleh Edy Fachrial dan Harmileni, pada Jum’at (21/7). Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung fasilitas riset dan mendiskusikan menjajaki peluang kerjasama riset antara Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dengan Organisasi Riset terkait di BRIN terutama bidang Biologi Molekuler. Kunjungan disambut dan dipandu langsung oleh Yefrizal dan Tika Anggraini selaku Manajer dan Tim Pengelola Lab Genomik BRIN.

Edy Fachrial, Kepala Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPRI mengatakan, “Jadi latar belakang kami mengunjungi BRIN ini sebenarnya untuk melihat secara langsung bagaimana fasilitas yang ada di Laboratorium Genomik. Mungkin saja kami bisa mengadaptasi beberapa lab dari sisi pengelolaan, dari sisi fasilitas, ke kampus kami.”

“Kedua, tentu yang paling utama perihal program kampus merdeka (MBKM) dimana mahasiswa ada kesempatan untuk magang. Siapa tahu dari kampus kami Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan, bisa mengirimkan mahasiswa untuk magang ke sini. Ketiga adalah kolaborasi,” sambung Edy.

Edy juga mengungkapkan bahwa, memang saat ini tuntutan untuk para dosen, untuk menghasilkan tulisan publikasi ilmiah sangat tinggi. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan sendiri, jadi ada beberapa unsur yang penting. Pertama adalah sumber daya manusia dan kedua fasilitas. “Diharapkan dengan kunjungan ini kami bisa melihat fasilitas yang dimiliki BRIN, karena fasilitas yang dimiliki BRIN sudah bagus sekali. Tinggal kita menggerakkan kolaborasi antara kampus, dosen dengan peneliti di BRIN dengan memanfaatkan lab yang ada di sini. Terutama di bidang genomik dan kesehatan,” ujar Edy.

“Harapan kami ke depan, lab genomik ini menjadi garda terdepan dalam pemecahan permasalahan di bidang kesehatan, bidang pangan, dan sebagainya dan menjadi mitra yang terbaik bagi kampus. Terutama bagi kami kampus-kampus yang jauh, kerjasamanya bisa lebih intens, dan lebih cepat responnya,” ucap Edy mengakhiri.

berita disadur dari : ppid.brin.go.id.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: