Fakultas Hukum UNPRI Gelar Seminar

Good Governance for Business Law Development

Jum'at, 28 Oktober 2022 14:49:56 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Demi menjamin perkembangan suatu perusahaan atau bisnis diperlukan hukum bisnis sebagai pengatur regulasi, dan aspek tersebut tidak terlepas dari keberlanjutan pemerintahan yang baik (good governance).

Latar belakang ini menjadi landasan berlangsungnya Seminar Hukum bertemakan “Good Governance for Business Law Development” yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNPRI pada hari Senin, 17 Oktober 2022.

Seminar Hukum ini digelar secara offline di Hall Kampus Utama UNPRI dengan menghadirkan pembicara Prof. Henk Addink dari Universiteit Utrecht, Belanda dan Awaludin Marwan, Ph.D, pendiri dan CEO Heylaw. Melalui seminar hukum ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan pengetahuan terkait good governance dalam perkembangan hukum bisnis dari pemaparan kedua pakar di bidangnya.

Prof. Henk Addink berpendapat bahwa tata kelola pemerintahan yang baik terhubung dengan tiga pilar yang menjadi kunci dari pembentukan sebuah negara modern, yakni rule of law, democracy, dan good governance. Berbicara tentang rule of law, sambungnya, maka dapat dimaknai dengan adanya asas legalitas. Dalam praktiknya, hal ini berkaitan dengan keberadaan lembaga peradilan yang bertugas mengawasi lembaga legislatif dan eksekutif jika terjadi perbedaan di antara keduanya.

Kemudian, pilar demokrasi berarti adanya kebebasan dan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat. Terwujudnya dua pilar tersebut menjamin terjadinya tata kelola pemerintahan yang bersih sehingga mendukung perkembangan hukum bisnis selanjutnya.

Pemaparan beliau tentang perlunya pemerintahan yang bersih demi menjamin perkembangan hukum bisnis sejalan dengan Visi UNPRI untuk “Menjadi Universitas yang Unggul dalam bidang Socio-Techno Preneurship yang Inovatif dan Adaptif.

Seminar hukum ini dihadiri oleh ribuan mahasiswa, seluruh dekan dari 5 fakultas dan 20 program studi UNPRI dan civitas akademik.

Selain menjadi pemakalah dalam seminar hukum yang terbuka untuk umum, Prof. Henk Addink turut memberikan perkuliahan dalam Kuliah Pakar Magister dan Dokter Hukum UNPRI dengan judul “Principles of Good Governance with Multidisciplinary Approaches” pada hari Selasa, 18 Oktober 2022 dan menjadi penguji dalam ujian seminar hasil, seminar proposal dan sidang akhir program studi Sarjana, Magister dan Doktor Hukum UNPRI.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: