Komitmen Laksanakan MBKM : UNPRI Siap Jalankan Praktisi Mengajar 2

Sosialisasi Internal Program Praktisi Mengajar

Jum'at, 03 Maret 2023 13:52:46 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Universitas Prima Indonesia (UNPRI) mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu bukti komitmen UNPRI dalam mensukseskan program MBKM adalah partisipasi aktif dalam program Praktisi Mengajar 2. Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan program Praktisi Mengajar 2 di lingkungan kampus UNPRI, UNPRI menggelar sosialisasi internal program Praktisi Mengajar 2 secara daring melalui zoom meeting pada hari Jumat, 3 Maret 2023. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan capaian program praktisi mengajar di dalam kampus sebagai bagian dari program perguruan tinggi dalam mencapai indikator kinerja utama. Jalannya acara dipandu oleh Muhammad Abduh Al-Bathani, S.Kom.,M.M sebagai pembaca acara.

Praktisi Mengajar adalah Program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara demi terciptakan pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar civitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

UNPRI telah melaksanakan program Praktisi Mengajar 1 dengan jumlah 30 mata kuliah, 30 mata kuliah ini menjadi yang terbanyak di lingkungan LLDikti 1. Adapun skema Program Praktisi Mengajar 1 yang telah dilaksanakan UNPRI dibagi sebagai berikut, 13 mata kuliah skema intensif dan 13 mata kuliah skema pendek. Selain program Praktisi Mengajar 1 yang telah sukses diselenggarakan, UNPRI juga berhasil menjalankan 11 mata kuliah skema Dosen Mandiri.

Berbeda dengan program Praktisi Mengajar tahun sebelumnya yakni dengan dua jenis kolaborasi, Praktisi Mengajar 2 hanya membuka satu skema kolaborasi yakni kelas kolaborasi selama dua jam dengan 1 praktisi mengajar atau dua praktisi yang masing-masing mengajar selama 6 jam. Dalam program Praktisi Mengajar 2, Praktisi diharuskan memiliki pengalaman bekerja di instansinya selama 5 tahun yang dibuktikan melalui Curriculum Vitae. Kelas kolaborasi akan berlangsung pada tanggal 16 April- 31 Juli 2023.

Untuk program Praktisi Mengajar 2 ini UNPRI menargetkan jumlah mata kuliah menjadi 50 melalui kolaborasi dengan praktisi dan dilaksanakan secara full luring. Jumlah mata kuliah dan partisipasi aktif dalam program PM 2 tersebut menunjukkan bukti konkret komitmen UNPRI untuk mensukseskan program MBKM dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: