Implementasikan Visi Sociotechnopreneurship

Penandatanganan MoA UNPRI-UII

Senin, 30 Oktober 2023 14:49:30 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 bertempat di Gedung Simpul Tumbuh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi Universitas Prima Indonesia (UNPRI), Herbert Wau, SKM., MPH., CHCSA, dan Bagus Panuntun, S.E., MBA., CBC, mewakili Inkubasi Bisnis dan Inovasi Universitas Islam Indonesia (UII), secara resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoA) dengan tujuan memajukan kolaborasi dalam pengembangan inovasi, kewirausahaan, dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.Acara penandatanganan MoA turut dihadiri oleh Dr. Ir. Arif Wismadi, M.Sc. (Direktur Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII), Namira Ufrida Rahmi, SE., M.Si, CJAT (Manajer Unit Manajemen Mutu UNPRI), dan Beby Astri Tarigan, S.Pd., S.Psi., M.Psi (Pengelola MBKM UNPRI).

Penandatanganan MoA ini menjadi bukti nyata komitmen UNPRI dan UII dalam menghadirkan inovasi dan kewirausahaan sebagai elemen penting dalam pendidikan tinggi di Indonesia. MoA ini juga merupakan langkah strategis yang diharapkan akan membantu mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan lebih baik.

Herbert Wau menjelaskan bahwa UNPRI telah berhasil memperoleh hibah dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dengan fokus pada tema Proyek Kemanusiaan dan Kewirausahaan. Salah satu fokus utama dari program ini adalah pengembangan inkubator bisnis di lingkungan kampus UNPRI yang memerlukan kolaborasi dan sinergi yang erat di antara berbagai pihak yang terkait dalam ekosistem kampus. Ini mencakup peran vital dosen sebagai pembimbing dan penyampai pengetahuan, mahasiswa sebagai pihak yang akan mewujudkan inovasi, serta pihak eksternal seperti pelaku bisnis yang membawa pengalaman berharga. Herbert Wau menekankan bahwa hanya dengan dukungan dan kerja sama yang kuat dari semua pihak ini, pengembangan inkubator bisnis di UNPRI bisa sukses menjadi salah satu pilar pendidikan yang akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan kewirausahaan dan inovasi.

Kehadiran inkubator bisnis diharapkan mampu memberikan manfaat yang nyata bagi para mahasiswa. Dalam konteks ini, inkubator bisnis memberi akses yang lebih luas kepada mahasiswa untuk mengubah gagasan kreatif menjadi proyek bisnis yang tangible. Mereka akan mendapatkan bimbingan dan dukungan dari para ahli di bidangnya serta peluang untuk berkolaborasi dengan pengusaha berpengalaman. Lebih lanjut, inkubator bisnis juga berperan sebagai wadah yang memungkinkan mahasiswa mendalami aspek-aspek praktis dalam dunia kewirausahaan, seperti perencanaan bisnis, manajemen keuangan, dan pemasaran. Semua ini memberikan peluang yang lebih baik bagi mahasiswa dalam meraih kesuksesan di ranah bisnis di masa depan, selaras dengan visi Sociotechnopreneurship UNPRI yang mendorong mahasiswa untuk menjadi individu yang mampu berperan dalam ranah sosial, teknologi, dan kewirausahaan serta siap menghadapi beragam tantangan di masa yang akan datang.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: