Membangun Keberlanjutan

Unpri Dan Unand Laksanakan Program Kosabangsa Berdayakan Petani Sorgum

Sabtu, 25 November 2023 08:19:19 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan dan Universitas Andalas (Unand) Padang melaksanakan program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (Kosabangsa) dari dana DRTPM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) tahun 2023.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Kamis (23/11/2023), dengan sasaran kelompok tani berbasis pertanian tanaman pangan, serta peternakan, yang mengelola komoditas sorgum.

Tim pengusul Kosabangsa dari Unpri terdiri dari Purnama Yanti Purba S.E, M.M sebagai ketua dengan anggota Rafida Khairani SEI, M.Si, M.M, dan Herlin Munthe S.Pd, M.Pd, M.Ak dari Fakultas Ekonomi.

Sementara tim pendamping dari UNAND terdiri dari Prof. Dr. Ir Khasrad M.Si bersama Dr. Armansyah S.P, M.P, dan Rusdimansyah S.Pt, M.Si. Purnama Yanti pada kegiatan yang diwarnai penyerahan bantuan peralatan budi daya sorgum dan pakan ternak itu mengatakan, program ini bertajuk “Pengolahan Sorgum Sebagai Solusi Ketahanan Pangan dan Pakan Ternak dalam Peningkatan Ekonomi Desa Pekan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai”.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan taraf usaha kelompok tani yang selama ini sudah ada menanam sorgum, namun dalam jumlah terbatas, untuk memperluas lahan usahanya serta meningkatkan hasil, serta nilai guna hasil produksi,” kata Purnama. Dikatakannya, ada dua kelompok tani yang menerima manfaat program tersebut, yakni Kelompok Tani Mekar Tani dan Kelompok Tani Sriwijaya, yang keduanya berasal dari Desa Pekan Tanjung Beringin.

“Pada tahap awal program ini, diberikan bantuan alat-alat pendukung produksi, nantinya dilanjutkan pembinaan dan pendampingan, sehingga kelompok tani ini benar-benar mandiri,” ucap Purnama. Bukan hanya memfokuskan pada produksi bahan baku sorgum, lanjutnya, tapi nantinya mereka juga mengarahkan keterampilan pasca produksi, terutama untuk pembuatan pakan ternak serta gula cair dari bahan baku batang sorgum.

berita disadur dari :bisanews.id


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: